Sunday, January 1, 2017

Perhatikanlah Empat Orang Ini Agar Hati Tidak Mati

  No comments
Dalam hidup ini ada empat tipe orang,
Pertama, yang seperti makanan, mau gak mau kita perlu.
Kedua, yang seperti obat, kita cuma perlu dia pada kondisi tertentu.
Ketiga, yang seperti penyakit, yang harus selalu kita waspadai karena kapan aja bisa menjangkit.
Keempat, yang seperti racun, tipe ini gak cuma harus diwaspadai tapi juga dijauhi, bisa bikin mati.

Yang seperti makanan adalah para ulama', mau gak mau kita perlu mereka. Coba deh jauh-jauh dari makanan, bisa mati jasad manusia. Jauh-jauh dari ulama' juga bikin mati, tapi yang mati adalah hati. Maka kita perlu selalu dengan ulama setiap hari, biar hati gak kelaperan dan mati. Sekarang kan gampang, banyak pengajiaan di masjid-masjid, atau di yutup aja juga banyak rekaman ceramah mereka. Jangan lupa pilih yang bener, yang berlandaskan Qur'an dan hadits.
Yang seperti obat adalah teman, kita perlu mereka dalam kondisi tertentu, seperti kita perlu obat dalam kondisi sakit. Misalnya pas lagi patah semangat, kita perlu teman buat nyemangatin lagi. Pas lagi kesepian, kita butuh teman buat ngeramein. Seperti kita perlu mereka dalam kondisi tertentu, pastinya mereka juga perlu kita dalam kondisi tertentu. Jadi sebisa mungkin kita harus selalu ada pas mereka perlu, kayak kita mau mereka ada pas kita perlu. Bukan berarti kita jauhi pas ga lagi perlu ya, karena pada dasarnya kita harus sedia payung sebelum hujan, kita menjadi payung mereka dan mereka menjadi payung kita . Maka teman itu penting, karena mereka yang menyembuhkan luka hati. anjayy
Yang seperti penyakit adalah ahli maksiat, ini harus diwaspadai karena sifat buruk itu bisa nular. Mewaspadai bukan berarti selalu menjauhi, kadang perlu mendekati buat ngingetin. Mewaspadai bukan berarti membenci, mereka perlu ditolong juga kan. Tapi kalo selalu deket dengan mereka tanpa filter ya bahaya juga, bisa sakit hati ini.
Yang seperti racun adalah orang-orang liberal, syi'ah, dan lain-lain yang pemikiran akidahnya melenceng. Ini harus dijauhi, gabisa sembarang didekati, kena dikit bisa bikin hati mati. Kalo udah punya penawar yang cukup kuat baru bisa menghampiri mereka ini, itu juga jangan bergaul terlalu dekat, bahaya.
Disadur dari ceramah shubuh 1 januari 2017 di masjid Ulil Albab Universitas Islam Indonesia.

No comments :

Post a Comment